• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo
  • Email
  • Contact(0725) 42445-42

Standar 9 : Produk dan Jasa DTPS dan Masyarakat

 

 

 

7

 

 

Yasmika Baihaqi, Ian Harum Prasasti, Fitri Palupi Kusumawati

 

program bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar anak anak TPA Mutiara Al Hadi RT 22 RW 04 Imopuro

 

 

Program bimbingan belajar ini bertujuan membantu siswa SD-SMP untuk menguasai materi pelajaran tingkat dasar dan pertama dengan baik. dan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan walaupun kegiatan disekolah sudah full day school.

 

 

2024

https://ejournal.umpri.ac.id

/index.php/bagimunegeri/a rticle/view/2301

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

Amirudin Latif,M.Pd., Dr. Eko Susanto, M.Pd,. Kons, Mazidah Turrohmah

 

 

 

i Bimbingan Belajar Siswa Dan Pembinaan Microsoft Word di Kelurahan Tejosari Metro Timur

 

 

 

 

Dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat saya ikut serta dalam kegiatan yang diadakan warga setempat, . Baik itu bimbingan belajar, gotong royong, senam bersama pembinaan Microsoft word serta bimbingan belajar, dan juga sebagai panitia perlombaan 17 agustus.

 

2023

 

https://docs.google.co m/document/d/17jl4yu 2qGMJ0DmRqqKiLAgtP 7f707Dy2/edit?usp=dri ve_link&ouid=1158557 74588759158858&rtpo

f=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd,  Amirudin Latif, M.Pd, Sefa Rahmadini

 

 

 

 

 

 

borang akreditasi

 

 

Peningkatan akreditasi sekolah merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan keberlanjutan pengembangan kurikulum. Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Purbolinggo di Lampung Timur, sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen terhadap pemberdayaan siswa, merasa perlu untuk meningkatkan tingkat akreditasi guna memberikan layanan pendidikan yang lebih baik. Akreditasi bukan hanya mencerminkan standar kualitas, tetapi juga memainkan peran kunci dalam menarik minat siswa dan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, pembenahan dalam segala aspek, mulai dari manajemen sekolah hingga proses pembelajaran, menjadi krusial untuk mencapai standar akreditasi yang diinginkan.

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/1zC8L QX9jZISan_- pMf0rRd1YlwyCmzI1/e dit?usp=drive_link&oui d=11585577458875915

8858&rtpof=true&sd=t rue

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd,  Amirudin Latif, M.Pd, Dwi Ayu Lestari

 

 

 

 

 

Borang akreditasi

 

 

Meningkatkan Kualitas Manajemen Sekolah merupakan salah satu tujuan utama dari pendampingan peningkatan akreditasi di SMA Muhammadiyah Pekalongan adalah meningkatkan kualitas manajemen sekolah. Ini mencakup pembenahan dalam pengelolaan administratif, pengembangan kebijakan yang berkelanjutan, serta peningkatan keterlibatan dan komunikasi efektif antara pihak sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Dengan memperkuat manajemen sekolah, diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang lebih kondusif dan terorganisir, mendukung pencapaian standar akreditasi yang lebih tinggi.

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/1FRq5 pQJ_TYD4OpioJXUKekl B7NjrISbb/edit?usp=dri ve_link&ouid=1158557 74588759158858&rtpo

f=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd, Shin

Rahmawati

 

 

 

 

 

Pendampingan Pengembangan Branding Sekolah Smk Ahmad Dahlan Sukadamai

 

Kegiatan pendampingan pengembangan branding sekolah di SMK Ahmad Dahlan Sukadamai, berhasil mencapai tujuan dengan membentuk identitas brand yang kuat dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Melalui tahap analisis, perencanaan strategis, pengembangan identitas visual, dan implementasi branding, sekolah berhasil menarik perhatian calon siswa dan memperkuat keterlibatan komunitas. Hasil yang nyata terlihat dari peningkatan pendaftaran siswa baru, atmosfer positif di sekolah, dan citra yang lebih positif di mata masyarakat. Evaluasi dan penyesuaian yang dilakukan pada akhir kegiatan memberikan dasar untuk kelangsungan dan perbaikan berkelanjutan. Dengan demikian, SMK Ahmad Dahlan Sukadamai kini memasuki fase berikutnya dengan landasan brand yang solid untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan sebagai lembaga pendidikan yang unggul.

 

 

2021

 

https://docs.google.co m/document/d/1_bOP HIxJU9UgIAtcEXSdndp4 KfBnYvGh/edit?usp=dri ve_link&ouid=1158557 74588759158858&rtpo

f=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd,

Resfina Meilita Sari

 

 

 

 

 

Pendampingan Pengembangan Branding Sekolah SMK Muhammadiyah Margatiga

 

Kegiatan pendampingan pengembangan branding sekolah di SMK Ahmad Dahlan Sukadamai, berhasil mencapai tujuan dengan membentuk identitas brand yang kuat dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Melalui tahap analisis, perencanaan strategis, pengembangan identitas visual, dan implementasi branding, sekolah berhasil menarik perhatian calon siswa dan memperkuat keterlibatan komunitas. Hasil yang nyata terlihat dari peningkatan pendaftaran siswa baru, atmosfer positif di sekolah, dan citra yang lebih positif di mata masyarakat. Evaluasi dan penyesuaian yang dilakukan pada akhir kegiatan memberikan dasar untuk kelangsungan dan perbaikan berkelanjutan. Dengan demikian, SMK Ahmad Dahlan Sukadamai kini memasuki fase berikutnya dengan landasan brand yang solid untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan sebagai lembaga pendidikan yang unggul.

 

 

2021

 

https://docs.google.com/document/d/1_bOPHIxJU9U gIAtcEXSdndp4KfBnYvGh/e dit?usp=drive_link&ouid=1 15855774588759158858&r

tpof=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd, Resf Meilita Sari

 

 

 

 

Pendampingan Pengembangan Branding Sekolah SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur

 

 

Tujuan dari PKM ini adalah membangun identitas brand yang konsisten dan kuat untuk SMA Muhammadiyah Pekalongan. Dengan mengidentifikasi nilai-nilai inti, visi, dan misi sekolah, serta menonjolkan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, diharapkan tercipta identitas yang dapat dikenali dan diingat oleh masyarakat. Langkah ini mencakup pengembangan elemen visual, pesan-pesan kunci, dan strategi komunikasi yang dapat memperkuat citra sekolah. Identitas brand yang konsisten akan membantu menciptakan kesan yang kuat dan positif di benak masyarakat, mendukung keberlanjutan sekolah, serta memberikan landasan yang solid untuk upaya pemasaran dan promosi ke depan.

 

2021

 

https://docs.google.co m/document/d/1LGzBL 3rrDE17cK- XqxYLIoyyr8ZW- PIZ/edit?usp=drive_link &ouid=1158557745887

59158858&rtpof=true& sd=true

 

 

 

 

14

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd,

Resfina Meilita Sari

 

 

 

PENDAMPINGAN Pemanfaatan Platform Lms Compact Builder Dalam Pengembangan Pembelajaran Daring Personal Sma Paramarta Seputih Banyak

 

 

Ringkasan dari kegiatan pendampingan pemanfaatan LMS Compact Builder di SMA Paramarta menunjukkan transformasi positif dalam pembelajaran. Dengan fokus pada peningkatan pemahaman dan pemanfaatan optimal platform, pendidik dan siswa dapat merespon kebutuhan pembelajaran personal dengan lebih baik. Penerapan LMS Compact Builder menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan efisien, memicu peningkatan keterlibatan siswa dan efektivitas administrasi pembelajaran. Hasil tersebut tercermin dalam penciptaan panduan penggunaan yang mendalam dan berbasis pengalaman praktis,

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/1QHW- 0dee- 21OItRcrQmoxgzijzsU0 c0C/edit?usp=drive_lin k&ouid=115855774588

 

 

 

 

 

memberikan landasan yang kokoh untuk keberlanjutan pengembangan teknologi pembelajaran di masa depan.

759158858&rtpof=true &sd=true

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd, Resfina Meilita Sari

 

 

 

 

Pendampingan Pemanfaatan Platform Lms Compact Builder Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring Personal

Secara keseluruhan, keberhasilan pendampingan ini tergambar dalam evolusi dari pendidikan tradisional menuju pembelajaran digital yang adaptif. Dengan melibatkan seluruh elemen stakeholder, dari pendidik hingga siswa, serta menyusun panduan yang komprehensif, SMA Muhammadiyah Boarding School berhasil menciptakan model pembelajaran yang responsif dan berkelanjutan. Dengan demikian, perjalanan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, tetapi juga menciptakan fondasi untuk terus berinovasi dalam memenuhi tuntutan pendidikan modern.

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/14XDB yOh3iAeY5ODRhvGMK Y_S7edlzheW/edit?usp

=drive_link&ouid=1158 55774588759158858&r

tpof=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd,

Resfina Meilita Sari

 

 

 

Pendampingan Pemanfaatan Platform Lms Compact Builder Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring Personal Sma Muhammadiyah Mengandung Sari

 

Ringkasan dari kegiatan pendampingan pemanfaatan LMS Compact Builder di SMA Muhammadiyah Mengandung Sari menunjukkan transformasi positif dalam pembelajaran. Dengan fokus pada peningkatan pemahaman dan pemanfaatan optimal platform, pendidik dan siswa dapat merespon kebutuhan pembelajaran personal dengan lebih baik. Penerapan LMS Compact Builder menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan efisien, memicu peningkatan keterlibatan siswa dan efektivitas administrasi pembelajaran. Hasil tersebut tercermin dalam penciptaan panduan penggunaan yang mendalam dan berbasis pengalaman praktis, memberikan landasan yang kokoh untuk keberlanjutan pengembangan teknologi pembelajaran di masa depan.

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/1- WY2CNBqW4bJaYvoE0

OWoOddjkJYgRSK/edit

?usp=drive_link&ouid= 1158557745887591588

58&rtpof=true&sd=tru e

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

Refa’i, MPd, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd,

Resfina Meilita Sari

 

 

 

 

 

Pendampingan Pemanfaatan Platform Lms Compact Builder Dalam Pengembangan Pembelajaran Daring Personal Sma Negeri Margatiga

 

 

 

keberhasilan pendampingan ini tergambar dalam evolusi dari pendidikan tradisional menuju pembelajaran digital yang adaptif. Dengan melibatkan seluruh elemen stakeholder, dari pendidik hingga siswa, serta menyusun panduan yang komprehensif, SMA Negeri Margatiga berhasil menciptakan model pembelajaran yang responsif dan berkelanjutan. Dengan demikian, perjalanan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, tetapi juga menciptakan fondasi untuk terus berinovasi dalam memenuhi tuntutan pendidikan modern.

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/1c0Y0g QJAo3TVmW7agZUtLo B-

tz2ldcIM/edit?usp=driv e_link&ouid=11585577 4588759158858&rtpof

=true&sd=true

 

 

 

18

 

 

Refa’i, MPd, Drs. Bambang Eko Siagiyanto, M.Pd Mukhlisul Amal

 

 

Pendampingan Pemanfaatan Platform Lms Compact Builder Dalam Pengembangan Pembelajaran Daring Personal Sma Negeri Margatiga.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru di SMA Negeri Margatiga dalam memanfaatkan platform LMS Compact Builder untuk pengembangan pembelajaran daring yang personal dan efektif. Melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan, guru-guru diajarkan cara mengelola dan membuat konten pembelajaran yang interaktif. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kualitas pembelajaran daring dan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi secara mandiri.

 

 

2022

 

https://docs.google.co m/document/d/1jqV7

 

 

 

 

 

 

mFswoHfKMDmh6s9fB WuxwT7g4EQT/edit?us p=drive_link&ouid=115 855774588759158858

&rtpof=true&sd=true

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

Fitri Palupi, Nurul Farida, Achyani Subadi

 

 

 

Pembuatan Ecoenzym dan Biopori Sebagai Alternatif P5 Berorientasi Sustainable Development Goals di SMA Muhammadiyah Pekalongan

 

 

Proyek penguatan profil pancasila melalui pelatihan pembuatan Eco Enzym dan Biopori di SMA Muhammadiyah Pekalongan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai- nilai Pancasila dan mendorong implementasi konsep Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di lingkungan sekolah. Proyek ini merespon permasalahan di sekolah, yaitu belum melaksanakan proyek P5 tema gaya hidup berkelanjutan, padahal tema ini sangat mendukung dan sesuai dengan tujuan SDGs.

 

2023

 

https://radarmetro.disway.i d/read/4844/um-metro- beri-pelatihan-pembuatan- ecoenzym-dan-biopori- alternatif-p5-sustainable- development-goals

Jumlah

19

 

 

Rata-Rata

1.7

 

 

 

        1. Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Ber-HKI atau Paten

Data produk atau jasa hasil penelitian, PkM, dan/atau pemikiran DTPS (dan mahasiswa yang dibimbingnya) yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang PS dalam tiga tahun terakhir yang sudah memiliki HKI atau paten (Tabel 9.2.2.4).

Tabel 9.2.2.4 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Ber-HKI atau Paten

 

No.

Nama Dosen/Mahasiswa

Identitas Produk/Jasa

Tahun

Bukti*

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

 

1

 

Fitri Palupi Kusumawati, Audy Ferdila

 

English for Engineering module

 

2023

https://drive.google.com/file/d/11JcTUVnwnrJIwPcwE

uOpxmh2hP2OWsvn/view?usp=sharing

 

2

 

Fitri Palupi Kusumawati, Aulia Hanifah Q., Imam Rasyid

 

English for medical purposes

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1wjGFN_kwpdOm3BL

Lf0rtOJEwHa3g7Q12/view?usp=sharing

 

3

Amirudin Latif, M.Pd., Fitri Palupi Kusumawati, M.Pd.BI., Muhlisul Amal.

 

English For Computer Science

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1fLD6vYPTDLpEyG4W

qXNlvqY9LszdYU0L/view?usp=sharing

 

4

 

Fitri Palupi Kusumawati, M.Pd.BI., Aulia Hanifah Qomar, M.Pd.

 

Basic Grammar

 

2023

https://drive.google.com/file/d/13LSkOHPX4tlhJ8U69

GYFfgN6laoRpT9y/view?usp=sharing

5

Reihan Ardian Razak, Fitri Palupi Kusumawati, dkk.

Tips to Maintain Health and Fitness during Fasting in Ramadhan

2023

https://drive.google.com/drive/folders/1kH8Ruzu84lJ

dbGTM0kG5iZLGFq_9rhsB

           

 

 

 

6

 

Fenny Thresia, M.Pd., Aliviah Nabila Putri dkk

 

English For Economics

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1RDb3eoA9Mm9a9M

fNR1QEFhQv_j9HMEJI/view?usp=sharing

 

7

 

Fenny Thresia, M.Pd., Jihan Queen Asri dkk

 

English For History

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1F5HW6qwLtxlcgIY9a

W64y4H94_m2Jvng/view?usp=sharing

 

8

 

Dedy Subandowo, M.A., Adelia Pratiwi dkk

 

English For Culinary Arts

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1dK8B_pVvu9DW5N6

sNgwFLv5IdD7FTVoY/view?usp=sharing

 

9

 

Refai, M.Pd., Amirudin Latif, M.Pd.

 

FORENSIC LINGUISTICS: Sebuah Buku Pengantar Ilmu Forensik Linguistik Dalam Pengungkapan Fakta Hukum

 

2023

https://drive.google.com/drive/folders/1kH8Ruzu84lJ

dbGTM0kG5iZLGFq_9rhsB

 

10

 

Fenny Thresia, M.Pd., Dedy Subandowo, M.A. dkk

 

English For Hospital

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1Lp0W1zJ2BCGODwg

Zw6oLyIMwk0-R4_X6/view?usp=sharing

 

 

11

 

 

Amirudin Latif, M.Pd.

 

 

Intermediate Grammar

 

 

2022

https://drive.google.com/file/d/1- EF9vETeFipIRN3rNrKCyRD1IX6N45-

M/view?usp=sharing

 

12

 

Amirudin Latif, M.Pd. dan Aldi Firmansyah

 

Arabic Language For English Students

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1kiIWP5D6UwthRw 3Flf13ylL0TIA91RrA/view?usp=sharing

 

13

 

Amirudin Latif, M.Pd.

 

Advanced Grammar

 

2022

https://drive.google.com/file/d/1WDrlskg2chE5Sm- 0l2PrTsQE1yerfytT/view?usp=sharing

 

 

14

 

 

Venni Herli Sundi, Herwina Bahar, Bambang Eko S., dkk

 

 

Implementasi Pola Asuh Demokratis Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Matematika Pada Anak

 

 

2023

https://drive.google.com/file/d/1dn09rHhTGpjreW- ocb

9g3C95wD3H599X/view?usp=sharing

Jumlah

14

 

 

Rata-Rata

1.3

 

 

*Surat penetapan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia atau pihak lain yang berwenang

      1. Evaluasi

Berdasarkan data pada Gambar 34, menunjukkan produktivitas publikasi luaran hasil penelitian dan pengabdian yang dihasilkan dari kolaborasi DTPS dan mahasiswa. Luaran Dharma Penelitian bagi mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris ditunjukkan dengan kinerja publikasi ilmiah mahasiswa dalam 3 tahun terakhir sebanyak 67 artikel. Publikasi ilmiah mahasiswa sebanyak 46 dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi, 15 Artikel di jurnal nasional ber-ISSN, 5 Artikel di jurnal internasional bereputasi dan 1 Artikel dalam prosiding seminar internasional. PS Pendidikan Bahasa Inggris memiliki 2 jurnal yang berpotensi menjadi sarana publikasi karya kolaborasi DTPS- mahasiswa, yakni Premise Journal yang dapat diakses melalui link: https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/450 dan sejak tahun 2022 memiliki jurnal JEEP (journal of English Education and Entrepreneurship) dapat diakses melalui link: https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/jeep. Setiap tahun UM Metro memfasilitasi luaran PS mengalokasikan hasil penelitian dan PkM hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa untuk diusulkan HKI berupa hak cipta berupa satu HKI per semester. Selain itu, sejak tahun 2020 UM Metro melalui unit publikasi ilmiah (UPI) memfasilitasi hak cipta yang mahasiswa hasil kolaborasi dengan dosen. Bukti dari fasilitasi tersebut dapat dilihat di https://drive.google.com/drive/folders/1A4uUwP5ThPPdLoW12P3VrICGixv89u7P. Bersama dengan LPPM UM Metro melakukan evaluasi kesesuaian Penelitian serta PkM dosen dan mahasiswa terhadap peta jalan. Mekanisme monitoring dan evaluasi dilaksanakan dengan tahapan: 1) melihat laporan dan luaran hasil penelitian dan PkM yang dievaluasi oleh suatu tim; 2) Keanggotaan tim disusun oleh ketua LPPM dan diajukan kepada Rektor; 3) Evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan menggunakan kuesioner secara online. Hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan relevansi Penelitian dan PkM dan pengembangan keilmuan PS Pendidikan Bahasa Inggris. Tindak lanjut dari temuan hasil evaluasi relevansi PkM adalah dengan menginisiasi pembentukan kelompok-kelompok pelaksana penelitian dan PkM. Sama halnya dengan kelompok riset, pembentukan kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk penelitian serta PkM dosen dan mahasiswa. Kelompok-kelompok pengabdian PS Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro diatur lebih lanjut dalam buku roadmap penelitian dan pengabdian PS Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro.

 

      1. Tindak Lanjut

Tindak lanjut yang telah diambil oleh UPPS dalam rangka meningkatkan jumlah dan kualitas luaran dan capaian dharma penelitian dan PkM dosen dan mahasiswa, yang meliputi publikasi, karya ilmiah yang disitasi, produk atau jasa yang diadopsi oleh masyarakat, dan produk atau jasa yang ber-HKI atau paten.

 

Strengths

Weaknesses

Opportunities

Threats

Visi-misi PS yang adaptif terhadap perkembangan dan perubahan serta sesuai dengan kebutuhan zaman.

Belum memiliki artikel hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa yang diterbitkan

jurnal internasional terakreditasi

Adanya fasilitasi lembaga untuk pengurusan HKI hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa

Perubahan regulasi dan kebijakan yang berubah dengan cepat.

 

Banyaknya luaran Dharma Penelitian bagi mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris ditunjukkan dengan kinerja publikasi ilmiah serta                   pengabdian masyarakat                     yang merupakan hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir.

 

Minimnya sitasi terhadap karya kolaborasi dosen dan mahasiswa dan masih perlu untuk ditingkatkan.

 

Adanya sarana publikasi berupa jurnal ilmiah maupun forum ilmiah dalam mempublikasikan karya kolaborasi dosen dan mahasiswa

Kondisi      ekonomi      para mahasiswa                  kerap

mengganggu           jalannya studi.

 

 

 

Adanya Kerja Sama Dengan Dinas Kesehatan Kota Metro, Bnn Kota Metro, Unila, Asita, Pt Innes Arsen Wisata, SMA Muhammadiyah Metro,, SMA Yos Sudarso, Upgris, University Of Saint Anthony Philippines, Tokad Gaziosmanpasa University, University Of Taiwan, Panti Asuhan Budi Utomo, Sangkhom Islam Wittaya School, Thailand, Mdmc Metro, Stkip Singkawang, Lazismu Lampung Timur, Australian Psychologists And Counselors In Schools (Apcs), Metro Fitness Center, Welness Academy, The University Of Lahore,University Kebangsaan Malaysia (Ukm) Dan Lain-Lain.

Kerjasama                   selalu

menyesuaikan dengan tantangan revolusi industri dan perkembangan zaman

Berdasarkan analisis SWOT, rencana tindak lanjut untuk perbaikan dan pengembangan yang akan dilakukan PS Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro:

  1. Mendorong mahasiswa agar meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah baik dari sisi pemilihan topik maupun penyampaian dalam bentuk artikel melalui partisipasi aktif dalam Academic Writing.
  2. Mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dalam mengkomunikasikan gagasan dan ide-ide terkait penelitian dan PkM kepada dosen.
  3. Untuk meningkatkan jumlah luaran publikasi ilmiah mahasiswa, maka PS meminta kepada mahasiswa untuk mengikuti pendampingan yang dilakukan oleh dosen dalam pembuatan artikel selain itu mahasiswa mulai dituntut untuk dapat menerbitkan sebuah artikel di jurnal dan/atau prosiding agar kebermanfaatan dari hasil penelitian dapat diketahui banyak orang dan juga dapat disitasi baik dijurnal nasional maupun jurnal internasional.
  4. Untuk meningkatkan capaian prestasi mahasiswa bidang akademik dan bidang non-akademik maka mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk turut serta mengikuti kegiatan dan hibah kompetitif meskipun di luar bidang akademik yang diselenggarakan oleh kementerian maupun instansi/lembaga lainnya baik secara individu, maupun di bawah koordinasi Himpunan Mahasiswa PS (HMPS)