• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo
  • Email
  • Contact(0725) 42445-42

Kriteria 8 Pengebdian Kepada Masyarakat

Kriteria 8  Pengebdian Kepada Masyarakat

Untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) membuat Peta Jalan PkM. Hal ini sebagai acuan peta jalan PkM bagi dosen pengabdi dan dilakukan secara individu (mono-disipliner) dan/atau.melalui kelompok PkM inter-disipliner atau intra-disipliner. Peta jalan PkM mencakup kegiatan PkM yang telah dilakukan oleh dosen pengabdi pada topik tertentu beberapa tahun yang lalu. Jadi kegiatan PkM yang telah dilaksanakan dan yang sedang dilaksanakan diarahkan untuk dilaksanakan dengan tema yang sama dan PkM kedepannya juga akan dilaksanakan dengan tema yang sama. PkM membentuk suatu rantai yang koheren secara keseluruhan.

8.1 Kebijakan 

Kebijakan tertulis yang mengatur kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) pada program studi PBI FKIP UM Metro adalah sebagai berikut:

  1. Rencana Induk Riset Nasional tahun 2017-2045. LINK
  2. Rencana Induk Pengembangan UM Metro tahun 2020-2030. LINK
  3. Rencana Strategis Pengembangan UM Metro tahun 2020-2030. LINK
  4. SK Rektor tentang 8 Standar Penelitian nomor 470/II.3.AU/SM/F/ SK-UMM /2020. LINK
  5. Buku  Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UM Metro. LINK
  6. Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro tahun 2020-2025. LINK
  7. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat nomor 157/II.3.Au/F/LPPM/2021 LPPM UM Metro. LINK
  8. Buku Renstra Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UM Metro tahun 2020-2025 dengan SK Rektor nomor 135/II.AU/C/UMM/2020. LINK
  9. Standar Operasional Prosedur (SOP) Kerjasama Kemitraan dengan UM Metro nomor 036/II.3.AU/B/KUIK/UMM/2019 s/d nomor 055/II.3.AU/B/KUIK/UMM/2019. LINK
  10. Rencana Strategis FKIP tahun 2020-2025. LINK
  11. PetaJalan(Roadmap)PenelitiandanPengabdiankepadaMasyarakatFKIPUMMetrotahun2020-2025. 12.
  12. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Metro tahun 2020. LINK
  13. Peta Jalan (Roadmap) Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2020- 2025. LINK 

Kebijakan di atas telah disebarluaskan ke seluruh masyarakat melalui berbagai media dan metode. Langkah sosialisasi dilakukan melalui rapat internal yang membahas kebijakan PP Muhammadiyah, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat. Oleh karena itu, Rektor UM Metro telah membentuk tim untuk merumuskan peraturan/kebijakan/pedoman. Produk kebijakan internal ini diimplementasikan dalam REA dan dapat diakses oleh seluruh civitas akademika di lingkungan UM Metro: dekan, direktur program, dosen, dan mahasiswa. Berikut kegiatan sosialisasi kebijakan terkait pelayanan masyarakat di wilayah metro UM.

8.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam PkM

Aktivitas PkM yang relevan dan yang melibatkan mahasasiswa dilakukan oleh DTPS dalam tiga tahun terakhir (Tabel 8.2.2). Berdasarkan peta jalan PkM Universitas yang mengutamakan pencapaian pusat sasaran mitra, maka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah menyusun peta jalan program studi PkM sebagai berikut:

Rencana

2020-2021

2021-2022

2022-2023

2023-2024

2024-2025

Tahapan

Analisis Permasalahan Kemampuan Bahasa di Desa Mitra dan Sekitarnya

Identifikasi Analisis Kebutuhan Bahasa di Desa Mitra dan Lingkungan Sekitarnya

Pengembangan Model Implementasi Kampung Bahasa di Desa Mitra

Implementasi Program Kampung Bahasa

Terbentuknya Desa Mitra Kampung Bahasa

Macam Kegiatan

Melakukan studi lapangan untuk mengidentifikasi permasalahan utama terkait kemampuan bahasa di Desa Mitra dan wilayah sekitarnya.

Mengumpulkan data tentang tingkat literasi bahasa Inggris masyarakat, sarana dan prasarana yang tersedia, serta faktor- faktor lain yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa.

Menganalisis data yang dikumpulkan untuk memahami akar permasalahan dan kebutuhan utama.

Melakukan survei terhadap masyarakat Desa Mitra dan sekitarnya untuk mengidentifikasi kebutuhan bahasa yang spesifik. Membentuk kelompok diskusi dengan masyarakat dan pihak terkait untuk mendapatkan masukan dan ide tentang kegiatan yang relevan. Menganalisis hasil survei dan diskusi untuk mengidentifikasi kebutuhan yang paling mendesak.

 

Membentuk tim kerja yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pemerintah desa, dan masyarakat setempat.

Merancang model implementasi Kampung Bahasa yang mencakup program pembelajaran, kegiatan komunitas, dan pemanfaatan sumber daya lokal.

Mengembangkan kurikulum dan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan bahasa masyarakat Desa Mitra. Melakukan uji coba dan evaluasi terhadap model implementasi yang dikembangkan.

Melaksanakan program pembelajaran bahasa dengan menggunakan model implementasi Kampung Bahasa yang telah dikembangkan. Mengadakan kegiatan komunitas yang mendukung pembelajaran bahasa dan kehidupan berbahasa sehari-hari. Melibatkan pemerintah desa, lembaga pendidikan, dan komunitas

dalam mendukung dan memperluas jangkauan program Kampung Bahasa.

 

Menyusun laporan evaluasi dan hasil dari program Kampung Bahasa yang dilaksanakan. Mengadakan acara penutupan dan penyerahan sertifikat bagi peserta yang berhasil menyelesaikan program. Membangun kerjasama dan jaring

 

 

 

SDM yang diperlukan

Tim peneliti yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Metro.
Ahli bahasa dan pendidik yang berpengalaman dalam analisis permasalahan bahasa.

Tim peneliti yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan staf pendukung. Pendidik dan penerjemah yang mampu berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Tim kerja yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pemerintah desa, dan masyarakat setempat. Ahli bahasa dan pendidik yang berpengalaman dalam pengembangan kurikulum.

Tim pelaksana yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pemerintah desa, dan masyarakat setempat. Instruktur bahasa yang berkualitas dan berkompeten.

Tim pelaksana yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pemerintah desa, dan masyarakat setempat.

Ahli komunikasi dan pemasaran untuk membangun jaringan dan strategi berkelanjutan.

Teknologi yang sudah dikuasai

Kemampuan analisis data dan statistik. Penggunaan perangkat lunak dan aplikasi untuk pengolahan data dan penelitian.

Penggunaan teknologi survei dan pengumpulan data. Keterampilan pengolahan data dan analisis statistik.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa. Penggunaan media dan alat pembelajaran interaktif.

Penggunaan teknologi pendukung pembelajaran bahasa. Pemanfaatan media sosial dan platform digital dalam mempromosikan program Kampung Bahasa.

Pemanfaatan media sosial dan teknologi digital untuk promosi dan penyebaran informasi tentang Kampung Bahasa. Penggunaan platform online untuk pelaksanaan kegiatan dan monitoring.

Target untuk Mitra

Laporan analisis permasalahan kemampuan bahasa di Desa Mitra dan sekitarnya.

Artikel ilmiah tentang hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal terkait. Presentasi atau diskusi dengan pihak terkait untuk memperoleh masukan dan dukungan.

Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengidentifikasi kebutuhan bahasa mereka. Memahami kebutuhan bahasa yang spesifik di Desa Mitra dan sekitarnya.

Memiliki model implementasi Kampung Bahasa yang sesuai dengan kebutuhan bahasa mereka. Terlibat aktif dalam pengembangan dan uji coba model implementasi.

Terlibat aktif dalam program pembelajaran dan kegiatan komunitas Kampung Bahasa. Meningkatkan kemampuan bahasa mereka melalui program yang disediakan.

Masyarakat Desa Mitra menjadi komunitas yang terampil dalam berbahasa Inggris dan memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan bahasa. Terbentuknya jaringan yang kuat antara masyarakat, lembaga pendidikan, dan pemerintah untuk mendukung pengembangan Kampung Bahasa.

Target Lembaga

Jurnal Ilmiah,, HKI

Jurnal Ilmiah, TTG, HKI

Jurnal Ilmiah, HKI

Jurnal Ilmiah, HKI

Jurnal Ilmiah, HKI

Pendanaan

Kemitraan/PT

Kemitraan/PT

Kemitraan/PT

Kemitraan/PT

DRTPM

Pelaksanaan DTPS PkM bagi dosen dan mahasiswa didasarkan pada roadmap pengabdian prodi pendidikan Bahasa Inggris sesuai Gambar 8.5. di atas. Tahapan pencapaian Peta Jalan (RM) Pengabdian Masyarakat (PkM) diuraikan periode 2020- 2025 dan mengacu pada Renstra PkM UM Metro.Tahap 1 pada tahun 2020 hingga 2021 fokus pada analisis permasalahan kemampuan bahasa di desa mitra dan sekitarnya. Fase 2 pada tahun 2021 hingga 2022 adalah Identifikasi Analisis Kebutuhan Bahasa di Desa Mitra dan Lingkungan Sekitarnya. Tahap 3 pada tahun 2022-2023 pengembangan model implementasi kampung bahasa di desa mitra. Tahap keempat pada tahun 2023-2024 adalah implementasi program kampung Bahasa. Fase 5 tahun 2024 hingga 2025 merupakan fase akhir dari realisasi peta jalan PkM: Terbentuknya Desa Mitra Kampung Bahasa.

Sebagaimana diatur dalam Pedoman Akademik No. 684/III-3.AU/F/KEP.UMM/2021 pada BAB IV pada pasal 44 sampai dengan pasal 56 mahasiswa selalu mengikuti semua kegiatan layanan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen program studi pendidikan Bahasa Inggris. Menurut dosen, rata-rata lebih dari 59% mahasiswa memiliki motivasi diri pada waktu tertentu. Kegiatan filantropi yang dilakukan terutama mencakup penerapan temuan penelitian dosen berdasarkan Peta Jalan Pengabdian Masyarakat prodi pendidikan Bahasa Inggris, serta permasalahan dari masyarakat mitra. PkM Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan Program Studi. Hal ini terlihat dari keikutsertaan Pengembangan Kampung Bahasa. Keberhasilan di bidang PkM ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan lebih lanjut kegiatan PkM pada program studi pendidikan Bahasa Inggris UM Metro. Kegiatan PkM mengacu pada jumlah kegiatan PkM yang dilakukan DTPS dalam setahun.

8.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam PkM

Relevansi PkM mengacu pada hubungan antara suatu topik PkM dengan pengetahuan khusus atau keahlian (expertise) dosen peneliti dan VMTS PS. Partisipasi mahasiswa dalam PkM mengacu pada keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh DTPS. Diantaranya menulis proposal, mengkaji teori yang relevan, pengumpulan data, analisis data, menulis laporan PkM, bahkan menulis artikel tentang hasil PkM untuk dipublikasikan.

Judul PkM 2023 

  1. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI BIMBINGAN BELAJAR SISWA DAN PEMBINAAN MICROSOFT WORD DI KELURAHAN TEJOSARI METRO TIMUR (DOWNLOAD)
  2. SOSIALISASI PELATIHAN ECOPRINT GUNA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK-ANAK DI RT 08 RW 02 KELURAHAN REJOMULYO, METRO SELATAN (DOWNLOAD)
  3. PENGHIJAUAN MASJID ADZ-DZIKIR DAN BIMBINGAN BELAJAR MENGAJI DI TPA RT.009/RW.003 KELURAHAN HADIMULYO TIMUR (DOWNLOAD)
  4. PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH SINAR NEGERI (DOWNLOAD)
  5. PENDAMPINGAN BUDIDAYA TANAMAN OBAT DI KWT KELURAHAN GANJARASRI METRO SELATAN (DOWNLOAD)
  6. PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR ANAK-ANAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SEKITAR TPA AL-HUDA REJOMULYO (DOWNLOAD)
  7. PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DAN JUAL BELI ONLINE KELURAHAN MULYOJATI METRO BARAT (DOWNLOAD)
  8. PENDAMPINGAN PEMBERDAYAAN RUMAH BELAJAR DAN RUANG BACA DI KELURAHAN YOSOMULYO (DOWNLOAD)
  9. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA AT-TANWIR METRO (DOWNLOAD)
  10. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN AI (DOWNLOAD)
  11. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI BIMBINGAN BELAJAR SISWA DAN PEMBINAAN MICROSOFT WORD DI KELURAHAN TEJOSARI METRO TIMUR (DOWNLOAD)

 

Judul PkM 2022 

  1. PENDAMPINGAN PENINGKATAN AKREDITASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD)
  2. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BRANDING SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD)
  3. LEARNING CULTURAL EDUCATION AND SCHOOL BRANDING (DOWNLOAD)
  4. PENDAMPINGAN BIMBINGAN BACA AL-QURAN TPA AL-IKHLAS DAN PEMBINAAN KESADARAN KEAMANAN MELALUI KEGIATAN SISKAMLING DESA REJOMULYO BANTUL (DOWNLOAD)
  5. EMBERDAYAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA BERSAMA PKK GANJAR ASRI (DOWNLOAD)
  6. SOSIALISASI PENCEGAHAN BAHAYA DEMAM BERDARAH DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH SE-KOTA METRO (DOWNLOAD)
  7. PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PLATFORM LMS COMPACT 7 BUILDER DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DARING PERSONAL SMA NEGERI MARGATIGA (DOWNLOAD)
  8. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BRANDING SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH MARGATIGA LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD)
  9. PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PLATFORM LMS COMPACT BUILDER DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DARING PERSONAL SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SEPUTIH BANYAK (DOWNLOAD)
  10. PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PLATFORM LMS COMPACT BUILDER DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DARING PERSONAL SMA PARAMARTA SEPUTIH BANYAK (DOWNLOAD)
  11. PENDAMPINGAN PENINGKATAN AKREDITASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD)
  12. PENDAMPINGAN PENINGKATAN AKREDITASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD)

 

Judul PkM 2021

  1. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BRANDING SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD)
  2. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BRANDING SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH MARGATIGA LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD
  3. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BRANDING SEKOLAH SMK AHMAD DAHLAN SUKADAMAI (DOWNLOAD)
  4. REBRANDING PEMASARAN INTERNASIONAL KOPI LUWAK LAMPUNG BARAT (DOWNLOAD
  5. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN CONTENT PEMBELAJARAN DARING DI SMK AHMAD DAHLAN SUKADAMAI (DOWNLOAD
  6. PEMBUATAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK KWT PEDULI LINGKUNGAN “ARIMBI” KECAMATAN RUMBIA (DOWNLOAD
  7. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA SCHOOLOGY DI MA MUHAMMADIYAH PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD
  8. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA SCHOOLOGY DI SMA MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD
  9. PENDAMPINGAN PENINGKATAN AKREDITASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR (DOWNLOAD
  10. PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PLATFORM LMS COMPACT BUILDER DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DARING PERSONAL SMA NEGERI MUHAMMADIYAH MENGANDUNG SARI (DOWNLOAD
  11. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BRANDING SEKOLAH SMK AHMAD DAHLAN SUKADAMAI (DOWNLOAD)