Kriteria 7 Penelitian
KRITERIA 7. PENELITIAN
Peta Jalan (roadmap) penelitian merupakan milestone kegiatan penelitian dalam kurun waktu tertentu (seperti 5 sampai dengan 10 tahun) yang dilakukan oleh peneliti (monodisiplin) dan/atau oleh kelompok peneliti (dalam kelompok penelitian atau research group), baik secara multidisipliner atau intra/interdisipliner. Peta jalan penelitian mencakup kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti beberapa tahun sebelumnya dalam topik tertentu; penelitian yang sedang dilakukan dalam topik yang sama; dan penelitian yang akan dilakukan ke depan, juga dalam topik yang sama. Penelitian-penelitian tersebut membentuk mata rantai yang koheren sebagai sebuah keutuhan, yang menggambarkan research interest dan sekaligus kepakaran (expertise) peneliti. Kelompok peneliti (research group), yang beranggotakan dosen-dosen dari PS yang sama atau dari PS yang berbeda dalam suatu UPPS atau dari PS yang berbeda dalam UPPS yang berbeda dalam satu PT, meneliti topik yang sama, bekerja secara bersama dalam sebuah tim.
7.1 Kebijakan
Kebijakan tertulis dalam bentuk peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan pimpinan perguruan tinggi (Rektor, Direktur, atau Ketua) yang mengatur penelitian di PS dan UPPS.
Kebijakan tertulis yang digunakan untuk mengatur penelitian di program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan FKIP UM Metro adalah sebagai berikut:
- Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; LINK
- Permendikbud RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; LINK
- Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2000 -2025; LINK
- Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017-2045; LINK
- Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 08 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan; LINK
- Peraturan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 01/PRN/I.0/B/2012 tanggal 24 Jumadil Awal 1433 H/ 16 April 2012 tentang Majelis Pendidikan Tinggi; LINK
- Pedoman PP Muhammadiyah Nomor 02/PED/I.0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah;
- Ketentuan Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah Nomor 178/ket/i.3/d/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah; LINK
- Rencana Induk Pengembangan UM Metro tahun 2020-2030; LINK
- Rencana Strategis Pengembangan UM Metro tahun 2020-2025; LINK
- SK Rektor tentang 8 standar penelitian No: 468/II.3.AU/SM/F/SK-UMM/2020; LINK
- SPMI UM Metro; LINK
- Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro Tahun 2020-2025; LINK
- Buku Renstra Penelitian LPPM UM Metro Tahun 2020- 2025 yang ditetapkan berdasarkan SK Rektor No. 134/II.AU/C/UMM/2020; LINK
- Rencana Strategis FKIP tahun 2020 – 2025; LINK
- Peta Jalan (roadmap) Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat FKIP UM Metro Tahun 2020-2025; LINK
- Kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Metro yang ditetapkan pada tanggal ; 31 Agustus 2020 LINK
- Peta jalan (roadmap) penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Tahun 2020-2025; LINK1_Road_Map_Penelitian_PBI dan LINK2_Road_Map_Pengabdian_PBI
Kebijakan di atas telah disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika melalui beragam media dan metode. Langkah sosialisasi dilakukan melalui rapat-rapat internal yang dilakukan dengan melakukan pembahasan terkait kebijakan dari PP Muhammadiyah, pemerintah daerah, maupun kebijakan pemerintah pusat. Hasilnya, Rektor UM Metro membentuk tim untuk menyusun peraturan/pedoman/panduan. Produk kebijakan internal tersebut kemudian di FGD kan dan disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika (Dekan, Kaprodi, Dosen, dan Mahasiswa) di lingkungan UM Metro. Berikut ini adalah kegiatan sosialisasi kebijakan terkait penelitian di lingkungan UM Metro.
1. Sosialisasi renstra penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UM Metro (LINK)
2. Sosialisasi Panduan Penelitian dan PkM LPPM UM Metro (LINK)
3. Sosialisasi dan Pendampingan PATEN dan HKI (LINK)
7.2 PELAKSANAAN
7.1 Peta Jalan dan Kelompok Penelitian
Pelaksanaan penelitian DTPS yang dilakukan berdasarkan pada peta jalan (roadmap) dan kelompok penelitian (research group).
7.2.2.Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian
Aktivitas karya penelitian yang relevan dan yang melibatkan mahasiswa yang dilakukan oleh DTPS dalam tiga tahun terakhir (Tabel 7.2.2)
Tabel 7.2.2 Aktivitas,Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian
No. |
Judul Penelitian |
Nama KetuaTim |
Kepakaran Ketua Tim* |
Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian |
Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan |
Sumber dana |
Jenis Peneliatian |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
TS-2 (2021) |
|
|
|||||
1 |
Pengembangan komik fairy tale sebagai media pembelajaran (download) |
Amirudin Latif (Sinta) |
|
Yasmika Baihaqi |
Hafidz Abdurrafi Wahidin |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
2 |
Analisis Kohesi Grammatis Pada Berita Covid 19 di Jakarta Post (dowload) |
Aulia Hanifah Qomar (Sinta) |
|
Syaifudin Latif Darmawan |
Indah Larasati |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
3 |
Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa Dengan Menggunakan Strategi Frontloading Pada Aplikasi Google Classroom Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Metro (download) |
Bambang Eko Siagiyanto (Sinta) |
|
Fitri Palupi Kusumawati |
Francisca Selly Kristiani |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
4 |
Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris bagi Siswa SMP Negeri 02 Metro (download) |
Syaifudin Latif Darmawan (Sinta) |
|
Bambang Eko Siagiyanto |
Nurul Fitri |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
5 |
Analisis Metafor dalam lirik lagu Taehyung Kim dari BTS (download) |
Fitri Palupi Kusumawati (Sinta) |
|
Eva Faliyanti |
Masyhidaya Ula Tis’a |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
6 |
Analisis Kesalahan Penyesuaian dari Suatu Verb atau Kata Kerja dengan Subjek dalam Sebuah Kalimat dalam Penulisan Teks Expository di SMK Kartikatama Metro (download) |
Fitri Palupi Kusumawati (Sinta) |
|
Bambang Eko Siagiyanto |
Inggit Kaputri |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
7 |
Pengaruh Penggunaan Video Animasi untuk Siswa Tunagrahita dalam Menguasai Vocabulary (download) |
Fenny Thresia (Sinta) |
|
Fitri Palupi Kusumawati |
Dinar Diah Pitaloka |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
8 |
Penggunaan Special Needs Animation untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunagrahita Dimasa Pandemi (download) |
Eva Faliyanti (Sinta) |
|
Fenny Thresia |
|
10.000.000 |
OPR Penelitian |
9 |
Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA dan SMK se-kecamatan Abung Semuli Lampung Indonesia (download) |
M. Ihsan Dacholfany (Sinta) |
|
Sudirman Aminin |
- Nining Surya Ningsih |
20,000,000 |
OPR Penelitian |
10 |
Evaluasi sistem penjaminan mutu internal pada sekolah model Lampung Timur (download) |
Sudirman Aminin (Sinta) |
|
Fenny Thresia, M.Pd. |
- Elvina Maya Puspa |
10,000,000 |
OPR Penelitian |
JumlahjudulpenelitiandiTS-2: 10 |
110,000,000 |
|
|||||
|
|
|
|||||
TS-1(2022) |
|
|
|||||
1 |
Video Animasi Sebagai Media Belajar Berbicara Siswa Kemampuan dalam Teks Deskripsi Bahasa Inggris di SMP 2 Metro, Lampung (download) |
Syaifudin Latif Darmawan (Sinta) |
|
Bambang Eko Siagiyanto |
Nurul Fitri |
15.000.000 |
OPR Penelitian |
2 |
Analisis Kohesi Pada Album “Q1” Oleh Gamaliel (download) |
Amirudin Latif (Sinta) |
|
Syaifudin Latif Darmawan |
Dewi Lindasari |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
3 |
Analisis Afiks Derivasi Dalam Novel “The Hunting Party” Karya Lucy Foley (download) |
Aulia Hanifah Qomar (Sinta) |
|
Yasmika Baihaqi |
Nita Verani Affandi |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
4 |
Video Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Deskriptif Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Gajah (download) |
Eva Faliyanti (Sinta) |
|
Fenny Thresia |
Muhtar Hadi Prayoga |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
5 |
Analisis Akhiran Derivasi dalam Album Justin Bieber berjudul "Changes" (download) |
Fitri Palupi Kusumawati (Sinta) |
|
Aulia Hanifah Qomar |
Nadhea Lisa Desmara |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
6 |
Analisis Karakter dalam Film Beauty and the Beast oleh John Alvin (download) |
Bambang Eko Siagiyanto (Sinta)
|
|
Aulia Hanifah Qomar |
Laras Wahyu Kinanti |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
7 |
Hubungan sejarah Proto-Austronesia diperkembangan aspek Proto-Melayik Melayu dengan Bahasa Lampung (download) |
Sudirman Aminin (Sinta) |
|
Dedy Subandowo |
- |
30,000,000 |
OPR Penelitian |
8 |
Pengaruh fasilitas pembelajaran dan kinerja mengajar guru terhadap efektifitas belajar siswa SD N Bumi Setia Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah (download) |
Refa’i (Sinta) |
|
Sudirman Aminin |
Arifin Yusuf |
20,000,000 |
|
JumlahjudulpenelitiandiTS-1: 8 |
115.000.000 |
|
|||||
|
|
|
|||||
TS(2023) |
|
|
|||||
1 |
Pengembangan Materi Bahasa Arab untuk Mahasiswa Bahasa Inggris (download) |
Amirudin Latif (Sinta)
|
|
Refa’i |
Aldi Firmansyah |
10.000.000 |
OPR Penelitan |
2 |
Memahami keterampilan dan persepsi Siswa EFL Zen Indonesia pada PJBL Digital Learning Log: Sebuah studi Fenomenologi (download) |
Dedi Turmudi (Sinta) |
|
Ratini |
Achmad Irfan Muzni |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
3 |
Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Berbicara Siswa SMA Muhammadiyah 1 Metro (download) |
Aulia Hanifah Qomar (Sinta)
|
|
Amirudin Latif |
Febi Faza Rumaisah |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
4 |
Analisis Kecemasan Siswa dalam Berbicara Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing (download) |
Aulia Hanifah Qomar (Sinta) |
|
Bambang Eko S |
Liyastin Pastika |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
5 |
Pengaruh Video TikTok Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Eksposisi Analitis di Kelas Sebelas MA Negeri 1 Metro (download) |
Amirudin Latif (Sinta) |
|
Eva Faliyanti |
Luluk Latifatul Munawaroh |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
6 |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Advanced Grammar Profetik Berbasi Proyek (download) |
Eva Faliyanti (Sinta) |
|
Amirudin Latif |
Putri Fatul Rohmawati |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
7 |
Kesalahan Dalam Membaca Teks Naratif oleh Mahasiswa Semester Pertama Universitas Muhammadiyah Metro Pada Penyebutan Vokal (download) |
Bambang Eko Siagiyanto (Sinta) |
|
Syaifudin Latif D |
Indah Septi Wulandari |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
8 |
Analisis Ekspresi Idiomatik dalam Film Knive Out (download) |
Bambang Eko Siagiyanto (Sinta) |
|
Fitri Palupi Kusumawati |
Ina Yuliana |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
9 |
Studi Kesulitan siswa dalam penguasaan vocabulary kelas VIII MTs Darussalam Adijaya (download) |
Fitri Palupi Kusumawati (Sinta) |
|
Amirudin Latif |
Novita Dwi Anggraini |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
10 |
Pengembangan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Kesehatan (download) |
Fenny Thresia (Sinta) |
|
Aulia Hanifah Qomar |
Imam Rosid |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
11 |
Analisis Metafor dalam Lirik Lagu dari Album Nicole (download) |
Syaifudin Latif Darmawan (Sinta) |
|
Dedi Turmudi |
Atika Ayu Fitriani |
10.000.000 |
OPR Penelitian |
12 |
Analisis Perkembangan Penulisan Akademik dengan Coh-Matrix (download) |
Dedy Subandowo (Sinta) |
|
- |
- |
20.000.000 |
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) |
13 |
Strategi Efektif Menulis Akademik dalam Bahasa Inggris: perspective Mahasiswa Indonesia di Hungaria (download) |
Dedy Subandowo (Sinta) |
|
Fenny Thresia |
Bintang Andini |
35.000.000 |
OPR Internasional |
JumlahjudulpenelitiandiTS-2: 13 |
165.000.000 |
|
|||||
JumlahtotalpenelitiandiPSdalamtigatahunterakhir: 31 |
|
|
|||||
Jumlahrata-ratajudulpenelitianpertahun/dosen: 2,81 |
|
|
*Diisidengankepakaran(expertise)atauresearchinterestketuatim peneliti.
Tambahan :
1) Matching Grant UM Metro (Indonesia) dengan UiTM (Malaysia) : LINK
2) "Invitation to join as a research partner under the project title "Students' Perception of ChatGPT" : LINK
7. 3 Evaluasi
Evaluasi terhadap kebijakan dan pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh DTPS berdasarkan pada peta jalan (roadmap) penelitian yang telah dibuat: produktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen.
Evaluasi capaian kinerja penelitian dilakukan setiap tahun oleh PS dan UPPS melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UM Metro dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Metro. Metode evaluasi dilakukan secara online dan offline. Secara online dilakukan melalui beberapa cara yaitu
1) Pengisian sim audit internal yang dikelola oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Metro dengan mengisi instrument pada Url berikut ini; https://simpeg.ummetro.ac.id/, dengan Instrument K-25A yang harus di isi oleh dosen pada url berikut ini https://survei.ummetro.ac.id/,
2) pemantauan hasil publikasi pada google schooler dan pencapaian indeks SINTA prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang dilihat pada link berikut. Sedangkan cara manual dilakukan melalui MONEV Internal penelitian yang dikelola oleh LPPM UM Metro mencakup pemantauan pada aspek produktivitas penelitian dan luaran yang dihasilkan.
3) Metode online melalui Sistem Informasi Pegawai (SIMPEG): SIM AUDIT INTERNAL DOSEN, dilakukan dosen dengan mengisi Instrumen evaluasi ini diberi nama Evaluasi Penelitian (EPIN) yang mencakup 4 komponen evaluasi yang terdiri dari aspek Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian dan Luaran. Evaluasi pada aspek perencanaan keberadaan roadmap penelitian dosen yang menunjang aktivitas penelitiannya. Pada aspek pelaksanaan mencakup ketepatan waktu pelaksanaan penelitian, jumlah penelitian dosen setiap tahunnya, keterlibatan mahasiswa dan sumber pendanaan penelitian. Evaluasi aspek pengendalian mencakup hasil laporan penelitian dan keseuaiannya dengan buku panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah di tetapkan LPPM UM Metro. Evaluasi pada aspek luaran mencakup jenis luaran yang dihasilkan dan jumlah luaran publikasi hasil penelitian dan jumlah HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang dihasilkan prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro. Berikut ini disajikan instrument penilaian EPIN yang diisi oleh dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris (LINK).
Sedangkan pemantauan aktivitas dosen pada SINTA dilakukan PS kerjasama dengan Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro. Pemantaua ini mencakup produktivitas dosen pada indeks scopus dan pada schoolar, untuk melihat jumlah sitasi dan jumlah publikasi setiap tahunnya.
link scopus 1: Dr. Dedi Turmudi (Scopus)
Contoh Article: Self-Efficacy (SE) and Motivation of the Indonesian Teacher Educator Authors (TEAs) in Writing Articles for Publication: The Bloom Digital Taxonomy (BDT) Perspective pada jurnal Language and Education. (Link)
link scopus 2 : Dedy Subandowo, M.A. (Scopus)
link scopus 3: Drs. Bambang Eko Siagiyanto (Scopus)
link scopus 4: Fenny Thresia, M.Pd. (Scopus)
Selain itu, evaluasi setiap program pendanaan aktivitas penelitiana dilakukan oleh LPPM UM Metro bekerjasama dengan prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro seperti tampak pada url beriktu ini: (https://lppm.ummetro.ac.id/monitoring-dan-evaluasi-internal )
Hasil evaluasi melalui beragam metode tersebut, dapat dijabarkan dalam tiga bentuk yaitu produktivitas penelitian dosen Pendidikan Bahasa Inggris, relevansi penelitian dosen Pendidikan Bahasa Inggris, dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen Pendidikan Bahasa Inggris.
A. Produktivitas penelitian Dosen
Dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris setiap tahunnya secara rutin telah melaksanakan penelitian. Hasil penelitian telah di publikasikan. Publikasi hasil penelitian dilakukan pada jurnal terindeks scopus, jurnal terakreditasi sinta, maupun jurnal nasional ber-ISSN. Berikut ini hasil publikasi scopus dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris selama 5 tahun terakhir:
Gambar 7.7 produktivitas dosen Pendidikan Bahasa Inggris pada scopus
Sumber: SINTA Pendidikan Bahasa Inggris
Data pada gambar 7.7 menunjukan bahwa produktivitas scopus pada tiga tahun terakhir DTPS Pendidikan Bahasa Inggris mempublikasi sebanyak 5 judul penelitian dan 12 citation. Publikasi scopus dilakukan secara kolaborasi berdasarkan RG yang telah terbentuk di prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Selain scopus produktivitas penelitian dosen Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada google scholar seperti gambar di bawah ini:
Berdasarkan data pada gambar 7.8 terlihat bahwa untuk jumlah sitasi Google Scholar (GS), pada tahun 2019 jumlah sitasi mencapai 132 dan pada tahun 2020 meningkat menjadi 234 sitasi. Sedangkan pada tahun 2021 mencapai 282 sitasi dan pada tahun 2022 jumlah sitasi terus bergerak meningkat. Selanjutnya data aktivitas penelitian DTPS 3 tahun terakhir prodi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Hasil tabulasi pada tabel 7.2.2 dianalisis dalam bentuk gambar grafik 7.9 menunjukan hasil bahwa jumlah riset yang dilakukan prodi Pendidikan Bahasa Inggris pada TS sebanyak 12 judul penelitian, pada TS-1 sebanyak 9 judul, dan pada TS-2 sebanyak 20 judul. Rata-rata jumlah penelitian DTPS selama 3 tahun terakhir sebanyak 14 judul penelitian, sedangkan rata-rata jumlah penelitian DTPS setiap tahun setiap dosen sebanyak 6 riset. Hasil ini menggambarkan bahwa DTPS Pendidikan Bahasa Inggris aktif dan rutin melakukan penelitian dengan melibatkan tim dan juga mahasiswa dalam penelitian payung.
B. Relevansi Penelitian Dosen
DTPS Pendidikan Bahasa Inggris telah memiliki Roadmap Prodi dan telah memiliki RG yang telah disusun untuk mencapai Visi dan Misi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil evaluasi terhadap relevansi penelitian menunjukan bahwa DTPS Pendidikan Bahasa Inggris telah melakukan riset sesuai dengan roadmap penelitian dan juga RG yang telah dibentuk. RG bidang Pedagogik Pendidikan berupa kajian etika guru untuk menjunjung visi profetik profesional yang telah diterapkan oleh mahasiswa calon guru. RG bidang Media Pembelajaran Bahasa Inggris mampu mengembangkan media pembelajaran berupa media berbasis facebook, modul berbasis gambar dan berbasis android, video serta media berbasis katalog yang telah digunakan oleh siswa SMP maupun SMA yang ada di Metro dan Lampung Timur. Sebagai tindak lanjut dari pencapaian ini maka dikembangkanlah standar tambahan berupa pengintegrasian AIK dalam penelitian dosen dalam upaya pencapaian visi yang berlandaskan pada catur dharma PT.
C. Pelibatan Mahasiswa dalam penelitian Dosen
Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen telah diatur dalam kebijakan LPPM UM Metro dan buku Pedoman akademik kemahasiswaan dan telah diturunkan menjadi kebijakan fakultas tentang standar pelaksana Penelitian, yaitu bahwa setiap penelitian dosen wajib melibatkan mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen merupakan bentuk penelitian payung dosen. Setiap mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris terlibat penelitian payung dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) nya masing- masing. Selain dalam penelitian payung mahasiswa juga terlibat membantu dosen dalam penelitian sebagai pengambil data dan pengolah data hasil penelitian. Seluruh dosen melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, keterlibatan ini sangat diperlukan sebagai upaya PS untuk menghasilkan produk penelitian yang mampu mewujudkan pencapaian Visi dan Misi program studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Hasil evaluasi juga menunjukan bahwa faktor pendukung pencapaian pelaksanaan Penelitian DTPS pendidikan yaitu 1) prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah Memiliki Sumber penelitian yang berasal dari dalam maupun luar negeri, 2) LPPM UM Metro telah memiliki 5 orang reviewer nasional penelitian yang telah bersertifikat ISO-17024. 3) UM Metro memiliki fasilitas pendukung kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memadai. Misalnya, Laboratorium, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Unit Publikasi Ilmiah, dan Perpustakaan Pusat. 4) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki banyak kerjasama dengan berbagai instansi/Lembaga dalam negeri. 5) Sumber Dana Penelitian diperoleh dari kerjasama mitra , OPR UM Metro dan Mandiri, dan 6)Dokumen Laporan Penelitian belum dapat diakses secara terbuka.
7.4 Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang telah diambil oleh UPPS dalam rangka meningkatkan produktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen. Tindak lanjut yang dilakukan oleh UPPS dalam meningkatkan produktivitas penelitian yang yang dilakukan oleh para dosen PBI UM Metro yaitu dengan
1) Melakukan klimik proposal dan mengikuti seleksi proposal penelitian yang ditawarkan oleh DRTPM pada laman https//: bima.kemdikbud.go.id dan mengikuti seleksi proposal penelitian yang ditawarkan oleh internal yaitu Universitas Muhammadiyah Metro pada laman https://lppm.ummetro.ac.id/ atau tingkat nasional seperti penerimaan proposal yang ditawarkan oleh RisetMu yang bisa diakses melalui https://risetmu.or.id/
2) Secara berkala dengan melibatkan mahasiswa sebagai anggota peneliti. Tugas mahasiswa dalam penelitian tersebut bisa seperti pengumpul data penelitain atau membantu dalam menganalisi data seperti transkripsi interview atau pengelompokan kategori dari hasil analisis data. Untuk relevansi, keikutsertaan mahasiswa dalam penelitian dosen dapat dilakukan dengan berbagai langkah yaitu salah satunya dengan pengelompokkan topik penelitian berdasarkan roadmap prodi atau disesuaikan dengan kepakaran dosen PBI UM Metro yang terbagi dalam tiga kategori utama yaitu penelitian yang berkaitan dengan penelitian pendidikan bahasa Inggris atau ELT, penelitian yang berkaitan dengan linguistik atau linguistik terapan seperti penelitian berkaitan dengan semantik atau sosiolinguistik. Sehingga, dengan mengacu dalam peta jalan peningkatan produktivitas peningkatan penelitian dengan pelibatan dosen secara relevan dapat tercapai dan dilaksanakan.
3) Memperluas jaringan kemitraan pada tingkat internasional bidang penelitian dalam bentuk research collaboration. (Link Berita)
4) Mengembangkan website prodi Pendidikan Bahasa Inggris. (LINK)