CAPAIAN PEMBELAJARAN
SIKAP (S) |
|
1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
11 |
Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru Indonesia; |
12 |
Mengiternalisasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam semua aktivitas baik akademik maupun non akademik; |
PENGETAHUAN (P) |
|
1 |
Menguasai konsep teoritis kebahasaandan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate; |
2 |
Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuktujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara Tingkat intermediate; |
3 |
Menguasai konsep teoritis tentang kesastraan, literasi, dan pembelajaran Bahasa |
4 |
Menguasai konsep teoritis tentang pedagogic |
5 |
Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan; |
6 |
Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik; |
7 |
Menguasai al-Islam dan Kemuhammadiyahan. |
KETERAMPILAN UMUM |
|
1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
2 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir; |
3 |
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data; |
4 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
5 |
Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
6 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
7 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
8 |
Mampu memublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi; |
9 |
Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global; |
10 |
Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme; |
11 |
Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan |
12 |
Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis. |
KETRAMPILAN KHUSUS |
|
1 |
Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate; |
2 |
Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate; |
3 |
Mampu mengadaptasi budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu; |
4 |
Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu; |
5 |
Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); |
6 |
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; |
7 |
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif Solusi sebagai bahan pengambilan keputusan; |
8 |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran; |
9 |
Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan |