Kriteria 1
KRITERIA 1. VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI (VMTS)
Visi Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro)
“Pusat Keunggulan Profetik Profesional, Modern dan Mencerahkan”
Definisi Istilah:
- Pusat keunggulan profetik profesional adalah sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang profetik profesional (berupaya memiliki sifat shiddiq, amanah, fatonah dan tabligh dalam menjalankan profesinya);
- Profetik Profesional adalah manusia yang selalu berupaya untuk memiliki sifat kenabian yang meliputi shiddiq, amanah, fatonah dan tabligh dan diwujudkan dengan kesalehan individual dan kesalehan sosial dengan menjadi pelopor perubahan masyarakat ke arah perbaikan dalam menjalankan profesi sesuai keahliannya;
- Modern adalah cara berpikir, bersikap, dan bertindak sesuai perkembangan atau melintasi zaman;
- Mencerahkan adalah suatu upaya untuk menyebarkan dan memposisikan Islam sebagai ajaran, sistem nilai, dan sebagai panduan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak.
Visi FKIP UM Metro
”Pusat Keunggulan Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yang Profetik Profesional, Modern dan Mencerahkan Tahun 2025”.
Definisi Istilah:
- Pusat keunggulan bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang profetik professional adalah sebagai pusat pengembangan sumber daya kependidikan yang profetik profesional (berupaya memiliki sifat shiddiq, amanah, fatonah dan tablig dalam menjalankan profesinya);
- Modern adalah cara berpikir, bersikap, dan bertindak sesuai perkembangan zaman bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
- Mencerahkan adalah suatu upaya untuk menyebarkan dan memposisikan Islam sebagai ajaran, sistem nilai, dan sebagai panduan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak dalam mengimplementasikan bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
-
- Kebijakan
- Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
- Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012, tentang KKNI.
- Peraturan Pemerintah nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 87 tahun 2014 tentang Akreditasi PS dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 222/U/1998 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.
- Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 02/PED/1.0/B/2012 tanggal 16 April 2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah;
- Ketentuan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 178/KET/I.3/D/2012 tentang Penjabaran Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 02/PED/I.O/B/2012 tentang PTM;
- Surat Keputusan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Nomor 0126/KTN/I.3/D/2020 tentang Rencana Induk Pemgembangan (RIP) UM Metro Tahun 2020-2030.
- Surat Keputusan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Nomor 0112/KTN/I.3/D/2020 tentang STATUTA UM Metro Tahun 2020-2025.
- Surat Keputusan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Nomor 0127/KTN/I.3/D/2020 tentang Rencana Strategis (Renstra) UM Metro Tahun 2020-2025.
- Peraturan Rektor UM Metro Nomor: 584/II.3.AU/F/UMM/2020 tentang Panduan Akademik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) UM Metro
- Surat Keputusan Dekan FKIP Nomor 1229/II.3.AU/B/SK-FKIP/UMM/2020 tentang pengesahan dan pemberlakuan Rensta FKIP 2020-2025.
Link Bukti Kebijakan: https://drive.google.com/drive/folders/1qYHsi7U0BIeYCE5zh5p2fY32g5EPDlv5?usp=sharing
1.2 Implementasi Kebijakan
1.2.1 Mekanisme Penyusunan Visi Keilmuan PS
Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi, Serta Pihak-Pihak yang dilibatkan. Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian yakni sebagai berikut:
- Rapat membahas tata cara revisi visi, misi dan tujuan PS Pendidikan Bahasa Inggris dan meminta arahan pimpinan terdapat bukti dalam link berikut :
- Pembentukan Tim perumus visi misi oleh Ketua Program Studi untuk melakukan peninjauan visi misi program studi;
- Melakukan evaluasi dan peninjauan visi misi program studi; link bukti: https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/evaluasi-dan- peninjauan-visi-dan-misi-prodi-pbi-um-metro-2021-2025, https://drive.google.com/drive/folders/1xjUx2YV1LGIpXh1EcsttCQe0H5ae8bUo
- Hasil kerja tim kemudian dibawa dalam lokakarya program studi yang dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi untuk dilakukan Penyusunan Visi Misi, tujuan dan strategi.
- FGD (Focus Group Discussion) hasil lokakarya dengan menghadirkan dosen Program Studi, perwakilan alumni, dan perwakilan pengguna lulusan untuk dibahas dan didiskusikan untuk memperoleh masukan untuk visi misi prodi kedepan. Pihak-pihak yang dilibatkan yaitu:
- Dosen tetap Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
- Perwakilan mahasiswa
- Perwakilan alumni
- Keterlibatan Pimpinan PT (Rektor) dan UPPS (Dekan FKIP)
- Perwakilan dari pengguna lulusan. (Link hasil FGD: https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/fgd-focus-group-discussion- hasil-lokakarya-prodi-pbi-um-metro-secara-daring
- Rapat kerja perumusan akhir sehingga hasil keputusan rapat merupakan hasil keputusan bersama mengenai visi misi Program Studi;
- Melakukan, Sosialisasi, dan Internalisasi Pemahaman visi misi oleh civitas akademika UM Metro dan pengguna lulusan. Link:https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/sosialisasi-dan-internalisasi-pemahaman-visi-misi-oleh-prodi-pbi-um-metro-dan- pengguna-lulusan
Dibawah ini adalah flowchart mengenai alur penyusunan visi misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. https://drive.googl e.com/drive/folder s/1xjUx2YV1LGIpXh 1EcsttCQe0H5ae8b Uo
1.2.2 Rumusan Visi Keilmuan PS
“Pusat Keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris yang profetik, inovatif, unggul, dan berjiwa entrepreneurship pada tahun 2025”
Definisi istilah:
- Profetik: profetik dimaknai sebagai karakter keilmuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berbasis nilai islam pada aspek teoritis dan praktis yang menjadi karakter utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Metro.
- Inovatif: Kemampuan dalam mendayagunakan segala potensi, dan kompetensi untuk menghasilkan sesuatu (ide/gagasan, tindakan/perilaku, dan karya) yang baru.
- Unggul: Unggul adalah karakter dan kapabiltas yang dikembangkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro yang bercirikan penguasaan IPTEKS, berprestasi, berkreasi, dan inovasi dalam pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi.
- Entrepreneurship: Entrepreneurship adalah jiwa berkreasi dan berinovasi dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu menambah nilai guna keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris dalam menghadapi tantangan dan perubahan jaman.
Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran melalui pengembangan kurikulum berbasis KKNI yang teritegerasi dengan nilai-nilai islam, mengikuti perkembangan IPTEK, serta mengembangkan ketrampilan wirausaha.
- Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang relevan.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang relevan.
- Mengintegrasikan dan mengembangkan nilai-nilai profetik dalam pembelajaran dan praktikum.
- Menjalin kerjasama dan jejaring dengan berbagai institusi dan Lembaga untuk mendukung implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Tujuan
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang berkarakter Islami, menguasai IPTEK, dan ketrampilan wirausaha.
- Menghasilkan penelitian dan publikasi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang relevan.
- Menghasilkan karya pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang relevan.
- Menghasilkan kualitas peningkatan integrasi dan pengembangan nilai-nilai profetik dalam pembelajaran dan praktikum.
- Mewujudkan pembelajaran di luar kampus melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Strategi Pencapaian
Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, langkah-langkah dan strategi telah dirancang secara sistematis. Dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah merumuskan serangkaian program dan strategi yang terperinci sebagai berikut:
- Strategi yang diambil melibatkan pengembangan kurikulum untuk mendukung inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kurikulum Program Studi Bahasa Inggris diperbarui agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang.
b. Proses pembelajaran yang berorientasi pada capaian lulusan Profesi Profesional, dengan skema strategi berikut:
https://lib.ummetro.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10810&keywords=)
- Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan model SPADA https://spada.ummetro.ac.id/)
- Mengintegrasikan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam setiap matakuliah melalui RPS yang dirancang dan divalidasi oleh Kaprodi atau WD 1. (Link contoh RPS: https://drive.google.com/drive/folders/1dpFadkIcCGHfh6813Q4DqNBuFFn8MJNz?usp=sharing ).
- Implementasi pembelajaran diluar Program Studi, seperti program kampus mengajar, dan pertukaran Mahasiswa (link berita: https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/mahasiswi-pbi-umm-metro-nisrina-luthfi-aqila-berhasil-lolos-program- kampus, https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/4-mahasiswa-semester-3-pbi-um-metro-terpilih-untuk-program-pmm )
- Menumbuhkan budaya meneliti di kalangan civitas akademika baik melalui penelitian OPR UM Metro di bawah kendali LPPM ataupun mandiri (Link: https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/mahasiswi-pbi-umm-metro-nisrina-luthfi-aqila- berhasil-lolos-program-kampus ).
- Menumbuhkan budaya mengabdi di kalangan civitas akademika baik pengabdian OPR UM Metro maupun mandiri (Link: https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/mahasiswi-pbi-umm-metro-nisrina-luthfi-aqila-berhasil-lolos-program-kampus)
- Menjalin kerja sama yang luas (menjalin kerjasama internasional: https://ummetro.ac.id/topik/pusat-kerja-sama- Dan-kui/ ). Dokumen Kerjasama program studi (link: https://drive.google.com/drive/folders/1juVh_4DEtBcDung- B0ySWsZ12U8sYmE4?usp=sharing )
1.2.3 Tingkat Pemahaman Visi Keilmuan PS
Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan serta pemahaman civitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
- Kepada mahasiswa baru dilakukan dengan ceramah ketika mahasiswa baru mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Mahasiswa (MASTAMA) pada awal tahun akademik oleh Ketua Program Studi pada materi kefakultasan.
- Kepada dosen dan tenaga kependidikan disampaikan dan diberikan penjelasan mengenai visi, misi, tujuan dan sasaran program studi ketika rapat program studi di setiap awal semester.
- penyampaian secara langsung melalui kegiatan perkuliahan oleh dosen-dosen yang diberi tugas untuk itu.
- penyampaian secara langsung melalui kegiatan perkuliahan oleh dosen-dosen yang diberi tugas untuk itu.
Sosialisasi Visi dan Misi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dilakukan dengan membuat dan menempel Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi di tempat yang strategis di dalam kampus sehingga mudah dibaca, yaitu antara lain pada papan pengumuman, kalender, spanduk, atau banner. Selain itu sosialisasi dilakukan juga melalui website universitas (www.ummetro.ac.id), website fakultas (www.fkip.ummetro.ac.id) dan website program studi (https://pbi.fkip.ummetro.ac.id/ ).
Hasil sosialisasi visi dan misi dapat dikemukakan melalui Grafik dan diagram sebagai berikut:
Grafik 1.1 Sosialisasi Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris https://drive.google.com/file/d/1F0twiVy61KtL9H9G8RgLQOiOGcXJ2Ofz/view?usp=sharing
1.3 Evaluasi
Berdasarkan kinerja PS Pendidikan Bahasa Inggris 3 tahun akademik terakhir, terhadap capaian visi misi keilmuan PS, Tujuan PS, dan strategi pencapaian PS, diperoleh hasil evaluasi sebagai berikut:
- Kejelasan dan kerealistikan visi keilmuan PS, tujuan PS, dan strategi pencapaian tujuan PS. Berdasar hasil survey yang telah dilakukan kepada dosen PS diperoleh informasi bahwa 85% dosen dan 78% mahasiswa dan tendik 75% telah paham terhadap visi keilmuan PS, tujuan PS, dan strategi pencapaian tujuan PS, serta sebagian besar tenaga kependidikan telah memiliki pemahaman yang baik. Dapat disimpulkan bahwa VMTS PS Pendidikan Bahasa Inggris dapat dipahami oleh seluruh civitas akademika, sehingga PS Pendidikan Bahasa Inggris bisa merealisasikan VMTS dengan baik.
- Keselarasan visi keilmuan PS, tujuan PS, dan strategi pencapaian tujuan PS dengan VMTS UPPS dan PT. VMTS PS Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro telah mengacu pada VMTS pada UPPS dan PT. Hal ini karena saat penyusunan dan perumusannya melibatkan pejabat UPPS dan PT. Selaras dengan VMTS UPPS dan PT yaitu terdapat nilai-nilai Islam yang profetis serta mampu menghasilkan luaran yang profesional (sesuai dengan bidangnya dan mampu beradaptasi pada lingkungan).
- Peningkatan minat meneliti dan mengabdi dosen PS perlu ditingkatkan lagi. Terutama terkait dengan road map penelitian dosen dan prodi yang harus mengacu pada Roadmap universitas.
- Perlu ada pendampingan/workshop mengintegrasikan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi dosen agar mampu mengintegrasikan AIK dalam RPS dan pembelajaran.
- Meluaskan kerjasama di berbagai sektor guna menunjang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
1.4 Tindak Lanjut
Kekuatan (Strengths)
- Kejelasan dan Kerealistikan VMTS: Sebagian besar dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan memahami VMTS PS Pendidikan Bahasa Inggris.
- VMTS yang dapat dipahami oleh seluruh civitas akademika memudahkan realisasi tujuan PS.
- Keselarasan dengan VMTS UPPS dan PT.
- VMTS PS selaras dengan VMTS UPPS dan PT yang mencakup nilai-nilai Islam yang profetis serta menghasilkan lulusan yang profesional dan adaptif.
Kelemahan (Weaknesses)
- Minat Meneliti dan Mengabdi Dosen:
- Perlu peningkatan dalam minat dosen untuk meneliti dan mengabdi, terutama terkait dengan roadmap penelitian yang harus mengacu pada roadmap universitas.
- Integrasi Nilai-nilai AIK:
- Masih perlu adanya pendampingan atau workshop untuk dosen dalam mengintegrasikan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam RPS dan pembelajaran.
Peluang (Opportunities)
- Peningkatan Kerjasama:
- Ada peluang untuk meluaskan kerjasama di berbagai sektor guna menunjang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
- Pendampingan dan Workshop:
- Tersedia kesempatan untuk mengadakan pendampingan dan workshop yang fokus pada integrasi AIK dan peningkatan kualitas pendidikan.
Ancaman (Threats)
1. Adaptasi terhadap Perubahan:
- Tantangan dalam menyesuaikan roadmap penelitian dan pengabdian dengan roadmap universitas yang mungkin sering berubah.
- Kompetisi Eksternal:
- Kompetisi dengan program studi serupa di universitas lain yang juga berfokus pada integrasi nilai-nilai AIK dan menghasilkan lulusan yang profesional.
Tindak Lanjut
- Mengoptimalkan Pemahaman dan Realisasi VMTS:
- Melakukan evaluasi rutin dan sosialisasi berkala mengenai VMTS kepada seluruh civitas akademika untuk memastikan pemahaman yang terus menerus.
- Mengadakan forum diskusi dan pelatihan untuk mendiskusikan strategi terbaik dalam merealisasikan VMTS.
- Meningkatkan Minat Meneliti dan Mengabdi:
- Memberikan insentif atau penghargaan bagi dosen yang aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.
- Menyusun roadmap penelitian dan pengabdian yang jelas dan mudah diikuti, serta menyediakan pendampingan bagi dosen dalam menjalankan kegiatan tersebut.
- Pendampingan dan Workshop Integrasi AIK:
- Mengadakan workshop berkala untuk dosen tentang cara mengintegrasikan AIK dalam RPS dan metode pembelajaran.
- Melibatkan pakar atau narasumber yang kompeten dalam bidang AIK untuk memberikan pelatihan dan pendampingan.
- Meluasakan Kerjasama di Berbagai Sektor:
- Mengidentifikasi dan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan organisasi non-pemerintah yang relevan dengan bidang pendidikan dan penelitian.
- Membuat program kerjasama jangka panjang yang fokus pada penelitian kolaboratif dan pengabdian kepada masyarakat.
- Menghadapi Ancaman Adaptasi dan Kompetisi:
- Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal, serta menyesuaikan strategi PS sesuai kebutuhan.
- Mengembangkan keunggulan kompetitif melalui inovasi kurikulum dan metode pengajaran yang unik dan relevan dengan kebutuhan pasar.
Dengan menerapkan tindak lanjut ini, PS Pendidikan Bahasa Inggris dapat memperkuat posisinya, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.