Fasilitator Sekolah Penggerak UM Metro dan IAI Agus Salim Dampingi Lokakarya Pengawas Sekolah Kota Metro
UM Metro – Sejumlah pengawas sekolah terkhusus yang mendampingi sekolah penggerak angkatan 2 mengikuti lokakarya dengan tema “Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Satuan Pendidikan (Pengawas Sekolah ke Kepala Sekolah)” bertempat di Meeting Room Matrox kota Metro, Selasa (06/12/2022).
Fenny Thresia, M.Pd yang merupakan salah satu fasilitator sekolah penggerak dari UM Metro dan Yuli Supriani,M.Pd dari IAI Agus Salim mendampingi para pengawas sekolah mendalami ilmu pendampingan. Pada kegiatan ini pemberian materi fokus pada peran pengawas sekolah dalam pendampingan kepala sekolah.
Ada beberapa peran yang harus dimiliki oleh pengawas yaitu : (1) Konseptor: menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi/ pendampingan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, (2) Programmer: menyusun program pendampingan berdasarkan visi-misi tujuan sekolah dan kebutuhan kepala sekolah binaannya, (3) Komposer: menyusun metode kerja dan berbagai instrumen untuk pendampingan di sekolah, (4) Builder: membina kepala sekolah berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah, (5) Observer: membantu kepala sekolah dalam menyusun indikator kebutuhan belajar guru di sekolah dan memantau pelaksanaan praktik baik, (6) Reporter: menyusun laporan hasil-hasil pendamingan pada sekolah sekolah binaan dan mengevaluasi untuk perbaikan pendampingan berikutnya, dan (7) Supporter: mendorong kepala sekolah untuk melakukan refleksi guna menemukan hasil yang dicapai dan menyadari kelebihan dan kekurangan dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru dan berbagi praktik baik.
“Ketujuh peran ini harus dikuasai oleh pengawas dalam mendampingi kepala sekolah binaannya sehingga sekolah dapat memahami kebutuhan belajar dan berbagi praktik di sekolahnya,” ujar Fenny. Ia juga menambahkan pengawas juga dituntut mampu mengidentifikasi kebutuhan kepala sekolah melalui pendekatan dan strategi; monitoring dan evaluasi, refleksi dan focus group discussion dan workshop.
Yuli Supriani, M.Pd. menuturkan peran pengawas sekolah amat penting keberadaannya dalam membantu kepala sekolah mengidentifikasi permasalahan yang ada di sekolah dan juga mencari solusi atas permasalahan tersebut.
“Solusi atas permasalahan yang ditemui oleh sekolah tidak boleh keluar dari pengawas namun harus dari sekolah itu sendiri sehingga pengawas harus menjalankan perannya saat coaching secara maksimal,” tutup Yuli.