DIGITAL BRANDING PASAR KREATIF
Kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro yang beranggotakan Resfina (PBI UM Metro), Betania, Fatia, Lilik, Linda, Nuraida, Siska, Dhifa, dan Yunda diberikan tugas sebagai peserta Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan rejomulyo khususnya pada pusat Pasar Kreatif RejomulyoTangguh RT 03, kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini di mulai sejak 18 Juli 2022 setelah kami secara resmi di serahkan untuk melaksanakan pengabdian di kelurahan tersebut Oleh Dosen Pembimbing Lapangan kami. Pasar Kreatif yang terdapat pada lokasi tersebut menjadikan salah satu kegiatan yang akan kami bantu kembangkan dan kenalkan pada masyarakat luashalinisejalandengan program kerja kami mengenai Digital Branding yang nota benenya kegiatan tersebut akan berkaitan dengan teknologi.
Dalam pelaksanaan program kerja ini kami memiliki strategi di mana dalam pelaksanaan nya kami membagi tugas dengan tujuan agar kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan semaksimal mungkin, adapun langkah awal yang kami ambil yaitu dengan mengadakan sosialisasi pemateri dari Dosen Pmbimbing Lapangan kami yaitu bapak Dedy Hidayatullah A., M.Pd. dan ibu Nurul Farida, M.Pd. yang faham mengenai Digitak Branding .Kegiatan ini dilaksanakan di teras baca yang berlokasi di Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (Pak Rt) diikuti oleh 10 anggota pengurus pasar kreatif dengan durasi penyampaian materi selama 2 jam. Setelah penyampaian materi, kemudian diberikan sesi tanya jawab dengan pemateri. Menurut beberapa audiens yang hadir pada sosialisasi ini, mereka masih terkendala dalam hal membuat konten, pamflet yang nantinya akan di share melalui media sosia secara intens.
Dalam pelatihan tersebut dami memiliki tujuan untuk menerpakan dalam kegiatan yang dapat dikembangkan oleh para pengurus pasar pak rt tersebut,diantaranya yaitu dengan pengaplikasian digital branding pada media sosial instagram,di mana pada kegiatan yang telahkami lakukan kami langkah awal yang kami ambil yaitu pembuatan produk akun intagram adapun cara dalam pembuatan akun. Dikarenakan para pengurus pasar kreatif pak rt masi sedikit awam mengenai media sosial maka kami memberikan arahan untuk membuat akun instagram menggunakan nomor handphon yang pasti sudah dimiliki.
Digital branding merupakan identitas merek yang digunakan suatu produk secara online yang lebih modern dengan merek tradisional. Melalui digital branding ini akan memperkenalkan brand yang kita meliki ke konsumen secara luas di tengah ketatnya persaingan bisnis di era digital. Langkah inilah yang dipilih untuk membantu brand Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh membangun koneksi dan hubungan bisnis dengan pelanggan. Pemasaran produk melalui digital branding yang kami gunakan yaknni menggunakan social media instagram dan facebook. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu UMKM desa yang sekiranya masih mengalami kendala dalam hal pemasaran sehingga dengan adanya promosi online yang dilakukan bukan hanya masyarakat disekitar saja yang tetapi dari luar juga tahu.
Kegiatan ini memiliki dampak positif bagi UMKM di desa tersebut, kerena dengan adanya sosialisasi digital branding masyarakat luar banyak mengenal/mengetahui keberadaan pasar tersebut melalui media sosial. Sehingga, banyak pengunjung berdatangan untuk menyicip dan membeli makanan ataupun minuman yang ada di sana. Dan juga, pendapatan UMKM di sana juga meningkat selain itu dengan banyaknya orang yang datang dapat menciptakan tali silahturahmi sehingga saling menciptakan keakraban pada sesama.